FAUZAN ALFIKRI (2014) MANAJEMEN PERUBAHAN DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM INOVASI PELAYANAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI TAHUN 2009 - 2013. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (365kB)
Bab I.pdf
Download (444kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Abstract
Pengembangan e-government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Keharusan untuk melaksanakan perubahan merupakan sebuah fakta bagi instansi-instansi masa kini tidak boleh menunggu hingga mengalami kemunduran barulah melaksanakan perubahan. Sehingga pemerintah kemudian melakukan berbagai langkah perubahan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu perubahan yang dilakukan yaitu dengan memberikan inovasi pelayanan teknologi informasi yang efisien dan efektif dalam penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena untuk menggambarkan pelaksanaan manajemen perubahan dan inovasi pelayanan teknologi dan informasi yang terjadi. Objek penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika DIY. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode studi dokumen dan wawancara. Setelah data dikumpulkan kemudian dilakukan analisis.
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan manajemen perubahan pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta dalam inovasi pelayanan teknologi dan informasi sudah baik dengan melihat fase-fase: 1) fase pencairan, dilakukan penyelesaian masalah dan kemudian memberikan solusi seperti masalah kemajuan jaringan teknologi solusinya adalah Fiber Optik, 2) fase perubahan, melakukan perubahan yaitu perubahan pelayanan yang tadinya bersifat Government Centric menuju ke Citizen Centric. Pelayanan tersebut dititik beratkan pada Digital Government Service (DGS), 3) fase pembekuan kembali, melakukan implementasi DGS dengan dituangkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 42 Tahun 2006 menetapkan Blueprint Jogja Cyber Province yang dititik beratkan pada program Digital Government Service (DGS). Kemudian inovasi pelayanan teknologi dan informasi sudah dilaksanakan dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan inovasi pelayanan teknologi dan informasi adalah: 1) pemerintah, 2) sumber daya manusia, 3) anggaran.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen perubahan dalam inovasi pelayanan teknologi sudah baik dengan melihat fase-fas, inovasi yang terjadi dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang mudah dan efisien. Evaluasi yang harus dilakukan adalah: 1) perlu adanya studi ke masyarakat untuk mengetahui apakah perubahan yang dilakukan sudah memberikan pelayanan yang baik atau belum, 2) perlu adanya diuji cobakan dahulu inovasi yang dilakukan secara prosedural untuk mengetahui apakah inovasi tersebut layak untuk diaplikasikan dan bermanfaat untuk masyarakat, 3) diharapkan semua program Pemda DIY yang berkaitan erat dengan pelayanan publik dapat dijadikan bagian dari program DGS, 4) perlu ditingkatkan sumber daya manusia seperti operator-operaor di DGS diupayakan dapat lebih mengoptimalkan pelaksanaan dari DGS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *91 DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI - INFORMATIKA - DIY - INOVASI - PELAYANAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:05 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14848 |