FORMULASI MEMBRAN HIDROGEL BERPORI BERBASIS KOMBINASI HPMC (HYDROXY PROPYL METHYL CELLULOSE) DAN GELATIN DENGAN METODEICE PARTICLE LEACHING SERTA PENETAPAN KARAKTERISTIK FISIK - MEKANIK

RISKHA NURUDL DLUKHA (2014) FORMULASI MEMBRAN HIDROGEL BERPORI BERBASIS KOMBINASI HPMC (HYDROXY PROPYL METHYL CELLULOSE) DAN GELATIN DENGAN METODEICE PARTICLE LEACHING SERTA PENETAPAN KARAKTERISTIK FISIK - MEKANIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

*125 Kerusakan jaringan dan organ akibat cidera merupakan masalah kesehatan utama manusia. Jaringan yang memiliki banyak fungsi untuk mekanisme kerja tubuh seharusnya memiliki kondisi dan keutuhan yang baik. Pilihan terapi untuk kerusakan jaringan adalah terapi standar dan pembedahan, akan tetapi terapi tersebut memiliki kekurangan. Upaya untuk mengatasi masalah terapi tersebut adalah dengan dikembangkan terapi alternatif melalui teknologi rekayasa jaringan dengan perancah sebagai substrat pendukung pertumbuhan sel dalam bentuk formula membran hidrogel. Penelitian ini bertujuan untuk membuat membran hidrogel berpori menggunakan kombinasi polimer HPMC dan gelatin dengan metode ice particle leaching serta penetapan karakteristik fisik-mekaniknya.
Pembuatan membran hidrogel berpori dilakukan dengan metode ice particle leaching dengan perbandingan polimer HPMC : gelatin yang digunakan F1 (1:2), F2 (1:4) dan F3 (2:13). Penentuan karakteristik fisik membran yaitu persen age swelling dan weight loss menggunakan metode perendaman dengan NaCl. Struktur morfologi permukaan membran diamati menggunakan alat SEM (Scanning Electrone Microscope) dan karakteristik mekanik membran diketahui melalui pengukuran UTS (Ultimate Tensile Strength) serta konstanta elastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa membran hidrogel dapat diformulasi menggunakan basis HPMC dan gelatin melalui ikatan crosslink, dan pori terbentuk menggunakan metode ice particle leaching. Presentase age swelling tidak membentuk pola spesifik dengan hasil paling besar terdapat pada formula 3 (2:13) sebesar 10,92% ± 0,048. Tidak terdapat perbedaan antara ketiga formula terhadap weight loss, rata-rata rasio weight loss 15 menit sebesar 0,59-0,65 dan rata-rata weight loss 30 menit sebesar 0,8-0,82. Nilai UTS membran paling besar pada formula 2 (1:4) diketahui sebesar 1,32 MPa dan nilai konstanta elastisitas mampu membentuk pola F1>F2>F3 dengan nilai paling besar pada formula 1 yaitu 73,74x10-3 N/m, serta pemeriksaan dengan SEM menunjukkan pori terbentuk dengan ukuran bervariasi yaitu <500μm hingga <5μm. Upaya perbaikan masih dapat dikembangkan untuk memperoleh membran hidrogel dengan karakteristik fisik – mekanik yang lebih baik.
Kata kunci : Tissue Engineering, gelatin, HPMC, Ice Particle Leaching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *125 TISSUE ENGINEERING - GELATIN - HPMC - ICE PARTICLE LEACHING
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:40
Last Modified: 21 Jun 2022 06:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14867

Actions (login required)

View Item
View Item