PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

FERI KURNIAWAN (2014) PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (141kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji adakah pengaruh keputusan investasi, kebijakan dividen, dan kinerja keuangan (capital, kualitas asset, rentabilitas, likuiditas) terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan diukur dengan menggunakan variable price to book value. Keputusan investasi diukur dengan menggunakan price to earning ratio. Kebijakan dividen diukur dengan menggunakan variable dividend payout ratio. Capital diukur dengan menggunakan variabel capital adequacy ratio. Kualitas aset diukur dengan menggunakan variabel non performing loan. Rentabilitas diukur dengan menggunakan variabel return on equity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian berupa perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2011. Total sampel penelitian yang digunakan adalah 45 perusahaan perbankan. Hasil penelitian pada perusahaan sektor perbankan periode 2006-2011 mengatakan bahwa PER, DPR, CAR, NPL, ROE, dan LDR secara bersamaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial hanya PER dan ROE yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: nilai perusahaan, keputusan investasi, kebijakan dividen, kinerja keuangan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: NILAI PERUSAHAAN - KEPUASAN INVESTASI - KEBIJAKAN DIVIDEN - KINERJA KEUANGAN 139
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:58
Last Modified: 21 Jun 2022 03:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item
View Item