ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI SUAMI DALAM PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DI TEGAL REJO TAMAN TIRTO KASIHAN BANATUL YOGYAKARTA

A. HIMAWAN RAMDANI (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI SUAMI DALAM PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DI TEGAL REJO TAMAN TIRTO KASIHAN BANATUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

*329 Perkembangan penduduk saat ini terus mengalami peningkatan. kontrasepsi merupakan upaya untuk mengatur jarak kehamilan dan membatasi jumlah anak. Kontrasepsi lebih banyak digunakan oleh perempuan karena kurangnya kesadaran laki-laki untuk berpartisipasi menjadi akseptor KB.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor–faktor yang mempengaruhi partisipasi suami dalam penggunaan alat kontrasepsi di Tegal Rejo, Taman tirto, Kasihan Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah semua suami dari pasangan usia subur di Tegal Rejo sebanyak 110 orang. Tekhnik pengambilan data menggunakan sample random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang. Instrumen untuk pengumpulan data berupa kuesioner. Penelitian dilaksanakan selama bulan April 2014.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara faktor umur (ρ value 0,007), faktor pendidikan (ρ value 0,023), faktor pendapatan (ρ value 0,026) dan faktor pengetahuan (ρ value 0,011) terhadap partisipasi suami dalam penggunaan alat kontrasepsi. Sedangkan, faktor paritas tidak berpengaruh terhadap partisipasi suami dalam penggunaan alat kontrasepsi (ρ value 0,382). Variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap partisipasi suami dalam penggunaan alat kontrasepsi adalah faktor umur dibuktikan dengan nilai tertinggi Koefisien Beta sebesar 0,341 dan nilai signifikan sebesar 0,007.
Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi suami dalam penggunaan alat kontrasepsi adalah umur, pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan. Sedangkan faktor paritas tidak berpengaruh. Dari semua variabel bebas yang diteliti ternyata faktor umur merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap partisipasi suami dalam penggunaan alat kontrasepsi.
Kata Kunci : Partisipasi Suami, Penggunaan Alat Kontrasepsi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *329 PARTISIPASI SUAMI - PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:52
Last Modified: 21 Jun 2022 03:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item
View Item