TINGKAT KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE HCAHPS (THE HOSPITAL CONSUMER ASSESSMENT HEATHCARE PROVIDERS AND SYSTEM) PADA RUMAH SAKIT DENGAN STANDAR ISO 9001:2000 DI YOGYAKRTA.

PRISKA AULIA NINGRUM (2014) TINGKAT KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE HCAHPS (THE HOSPITAL CONSUMER ASSESSMENT HEATHCARE PROVIDERS AND SYSTEM) PADA RUMAH SAKIT DENGAN STANDAR ISO 9001:2000 DI YOGYAKRTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (388kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak menjadi penting ketika suatu rumah sakit akan melakukan upaya peningkatan mutu layanan kesehatan. HCAHPS adalah metode pengukuran kepuasan pasien yang menilai keseluruhan aspek rumah sakit. Standar ISO 9001:2000 adalah suatu sertifikat yang diberikan kepada rumah sakit yang memiliki kualitas pelayanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien menggunakan metode HCAHPS di rumah sakit yang sudah menerapkan standar ISO 9001:2000 di Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 186 pasien. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2014 di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Bantul, RSUD Panembahan Senopati Bantul dan RS Bethesda Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan sebesar 43,5% pasien mengatakan sangat puas dan 56,5% mengatakan puas dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit berstandar ISO 9001:2000 di Yogyakarta sesuia dengan komponen survey HCAHPS.
Dapat disimpulkan bahwa pasien puas dengan pelayanan yang diterima dari rumah sakit yang sudah menerapkan standar ISO 9001:2000 di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan ada pengembangan untuk metode-metode pengukuran kepuasan pasien salah satunya HCAHPS sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.

Kata kunci : kepuasan pasien, HCAHPS, ISO 9001:2000

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *318 KEPUASAN PASIEN - HCAHPS - ISO 9001:2000
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:56
Last Modified: 23 Jun 2022 01:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14898

Actions (login required)

View Item
View Item