JON LESERIKO (2014) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH KOMPONEN DAN SETTING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 113 CC DENGAN BERBAHAN BAKAR CAMPURAN 85 % PREMIUM 15% ETANOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.docx
Download (26kB)
Bab I.docx
Download (37kB)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only
Download (943kB)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab IV.doc
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (24kB)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
Abstract
Bahan bakar alternatif yang berpotensi digunakan sebagai bahan bakar adalah etanol. Penggunaan etanol tidak dapat langsung diaplikasikan pada mesin kendaraan, namun dapat dengan cara mencampur etanol dengan bahan bakar lain seperti premium. Apabila campuran bahan bakar premium dan etanol komposisinya tepat, serta pengapian yang baik, maka akan memberikan hasil pembakaran yang maksimal pada mesin kendaraan. karena etanol memiliki bilangan oktan lebih tinggi maka timing dapat dimajukan sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna.
Metode penelitian ini menggunakan motor standar dengan variasi bahan bakar, CDI dan timing pengapian. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dynamometer dan pengambilan data dengan metode throttle spontan, throttle secara spontan mulai dari 3000-10.000 rpm, metode ini digunakan untuk pengambilan data daya dan torsi. Sedangkan metode throttle per rpm yaitu pada putaran 3000-8000 rpm, dengan kenaikan 1000 rpm pada setiap pengujian untuk pengambilan data konsumsi bahan bakar (m ̇_f).
Hasil dari pengujian yang telah dilakukan, didapat torsi tertinggi dihasilkan dari CDI standar dengan berbahan campuran premium etanol 15%. Sedangkan untuk daya didapat daya tertinggi dihasilkan dari CDI racing dengan timing optimum sedangkan posisi terendah dari hasil pengujian torsi dan daya dihasilkan dari CDI standar. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar terlihat bahwa pada penggunaan CDI racing lebih boros dibanding CDI standar karena semakin besar pengapian yang dihasilkan juga berbanding lurus dengan jumlah konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CAMPURAN BAHAN BAKAR - ETANOL 15% - VARIASI TIMING PENGAPIAN - PENGAPIAN - TORSI (T) - DAYA (P) - KONSUMSI BAHAN BAKAR |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 01:52 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 01:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14902 |