PENGARUH TERAPI TERTAWA TERHADAP DEPRESI PADA LANSIA DI DUSUN JOMEGATAN NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL

IRA ALVIONITA (2014) PENGARUH TERAPI TERTAWA TERHADAP DEPRESI PADA LANSIA DI DUSUN JOMEGATAN NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

*334 Latar Belakang :
Peningkatan jumlah lansia dan AHH menimbulkan beberapa permasalahan kesehatan fisik, mental ataupun sosial.Depresi merupakan gangguan mental yang sering ditemui pada geriatri.Gejala umum yang dialami lansia yaitu rasa khawatir, rasa tidak berguna, sedih, pesimis, tidak dapat tidur, dan sulit mengerjakan segala sesuatu. Terdapat bebagai macam cara untuk menurunkan depresi, termasuk terapi tertawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi tertawa terhadap depresi pada lansia di dusun Jomegatan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.
Metode Penelitian :
Penelitian ini adalah study intervensi berupa penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasy Experiment Design: Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 orang lansia dengan masing-masing 15 lansia sebagai kelompok intervensi dan 17 lansia sebagai kelompok kontrol di dusun Jomegatan, Kasihan, Bantul.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi akan dipilih secara simple random. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mann Whitney.
Hasil Penelitian :
Terdapat pengaruh terapi tertawa terhadap depresi pada lansia dengan nilai p value 0,003 (α < 0,05). Selain itu terdapat nilai p value pada kelompok kontrol sebesar 0,805 dan kelompok perlakuan sebesar 0,001.
Kesimpulan :
Terapi tertawa berpengaruh terhadap penurunan depresi pada lansia.
Kata Kunci : terapi tertawa, depresi, lansia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *334 TERAPI TERTAWA - DEPRESI - LANSIA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:46
Last Modified: 21 Jun 2022 05:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item
View Item