Ahmad Zuhdhi (2020) REGULASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KURANG MAMPU DI SMK MUHAMMADIYAH TEPUS DAN SMA NEGERI 1 TANJUNGSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (422kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Bab I.pdf
Download (63kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (857kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan regulasi diri dan motivasi berprestasi siswa kurang mampu di SMK Muhammadiyah Tepus dan SMA Negeri 1 Tanjungsari. Sekolah Menengah menjadi salah satu sarana dari pemerintah untuk memberikan Pendidikan baik pengetahuan maupun karakter kepada siswa pada umurnya. Kondisi ekonomi siswa kurang mampu menjadi penghambat yang nyata bagi terlaksananya pendidikan siswa, akan tetapi banyak ditemui siswa kurang mampu yang berprestasi di kalangan siswa Sekolah Menengah.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Tepus dan SMA Negeri 1 Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Subyek penelitian ini berjumlah 4 siswa dengan rincian 2 dari SMK Muhammadiyah Tepus dan 2 dari SMA Negeri 1 Tanjungsari yang termasuk dalam kategori siswa kurang mampu dan berprestasi yang dibuktikan dengan dokumen dari sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, regulasi diri yang baik yang ditunjukan oleh semua subyek dengan terpenuhinya semua indikator regulasi diri yaitu: 1) Kemampuan siswa dalam mengaktivasi pemikiran, 2) Kemampuan siswa dalam mengaktivasi perilaku, 3) Kemampuan siswa dalam mengaktivasi perasaan, 4) Kemampuan siswa dalam menghasilkan tindakan, 5) Kemampuan siswa dalam menghasilkan perencanaan, 6) Kemampuan siswa dalam mengatur strategi pencapaian, 7) Kemampuan siswa dalam mengadaptasi diri, 8) Kemampuan siswa dalam mengevaluasi belajar, 9) Kemampuan siswa dalam mengatur kognisi. Kedua, motivasi berprestasi dimiliki oleh semua subyek ditunjukan dengan terpenuhinya semua indikator motivasi berprestasi yaitu: 1) Mengetahui perubahan energi, 2) Mengetahui tumbuhnya perasaan, 3) Reaksi mencapai tujuan, 4) Mengeluarkan tingkat usaha yang tinggi, 5) Pemenuhan kebutuhan individual, 6) Menyukai tantangan. Ketiga, semua subyek menunjukan bahwa regulasi diri yang baik dapat menumbuhkan motivasi berprestasi dari dalam diri (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik) yang dapat berwujud berbeda-beda dari satu siswa dengan yang lain yang membuat mereka terus berusaha menggapai hal yang diinginkan walaupun dengan keadaan ekonomi terbatas.
Kata kunci: Siswa Kurang Mampu, Regulasi Diri, Motivasi Berprestasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 09:03 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 09:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1492 |