PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (PSIK) UMY TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK (ACADEMIC DISHONESTY)

NOVITA WAHYU KRISNAWATI (2014) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (PSIK) UMY TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK (ACADEMIC DISHONESTY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (128kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

*337 Kecurangan akademis merupakan masalah yang sering terjadi pada semua tingkatan usia dan terutama di dunia pendidikan. Mahasiswa yang melakukan kecurangan dalam bidang akademik maka akan cenderung melakukan beragam ketidakjujuran di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PSIK UMY terhadap kecurangan akademik (academic dishonesty).
Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PSIK UMY dan sampel berjumlah 160 mahasiswa dengan menggunakan quota sampling. Peneliti menggunakan alat ukur kuesioner tentang persepsi kecurangan akademik yang diambil dari jurnal Rabi, et al (2006). Penelitian ini menggunakan analisa univariat (analisa deskriptif).
Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang memiliki persepsi cukup sebanyak 65 (40,6%) yaitu berumur < 20 tahun, berdasarkan jenis kelamin sebagian besar mahasiswa perempuan memiliki persepsi cukup sebanyak 74 (46,3%) dan angkatan 2012 yang paling banyak memiliki persepsi baik sebanyak 24 (15%).
Kesimpulan,sebagian besar mahasiswa PSIK UMY memiliki persepsi dalam kategori cukup, sedangkan yang memiliki persepsi dalam kategori baik masih sedikit.

Kata kunci : Kecurangan akademik, persepsi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *337 KECURANGAN AKADEMIK - PERSEPSI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:12
Last Modified: 21 Jun 2022 06:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

View Item
View Item