GAMBARAN MASALAH KEPERAWATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR FISIOLOGIS PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI TERAPI PEMBEDAHAN DAN KEMOTERAPI DI RSUD PENEMBAHAN SENOPATI BANTUL

ASSRIYAH WULANTRI (2014) GAMBARAN MASALAH KEPERAWATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR FISIOLOGIS PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI TERAPI PEMBEDAHAN DAN KEMOTERAPI DI RSUD PENEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (484kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

*342 Latar Belakang:Kanker merupakan penyebab utama (13%) dari semua kematian di dunia. WHO (2013) menyebutkan kanker yang paling sering terjadi berdasarkan urutan adalah kanker paru-paru, gastrointestinal, hati, kolorektal, payudara dan kanker serviks. Kanker usus besar dan payudara merupakan penyebab kematian akibat kanker yang paling banyak setiap tahun.Kematian akibat kanker di seluruh dunia diprediksi akan terus meningkat, dengan perkiraan 13,1 juta kematian pada tahun 2030.Prevalensi kanker di Indonesia adalah 4,3 per seribu penduduk dan merupakan penyebab kematian nomor tujuh di Indonesia. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran gangguan pemenuhan kebutuhan dasar pada pasien kanker yang menjalani terapi pembedahan dan kemoterapi di RSUD Panembahan Senopati Bantul.
Metode:Penelitianinimenggunakandesainpenelitian non eksperimental bersifatdiskriptif analitikdengan pendekatan crossectional yang merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang di ambil dari pasien kanker yang sedang menjalani terapi pembedahan dan kemoterapi sebanyak 30 responden.Data tersebut dianalisa secara manual berdasarkan batasan karakteristik NANDA Internasional.
Hasil:Berdasarkan analisa menggunakan batasan karakteristik dari NANDA international, masalah keperawatan yang sering terjadi pada pasien kanker yang menjalani terapi pembedahan dan kemoterapi adalah nutrisi, terdapat penurunan berat badan yang signifikan pada pasien kanker.
Kesimpulan:gangguan pemenuhan kebutuhan dasar pada pasien kanker yang menjalani terapi pembedahan dan kemoterapi di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul berdasarkan urutan yang paling sering terjadi adalah nutrisi, cairan, suhu, istirahat, eliminasi, oksigen dan seksual.

Kata Kunci:kanker, Terapi Pembedahan, Kemoterapi, Efek Terapi Kanker, Masalah Keperawatan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *342 KANKER - TERAPI PEMBEDAHAN - KEMOTERAPI - EFEK TERAPI KANKER - MASALAH KEPERAWATAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:24
Last Modified: 21 Jun 2022 06:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14932

Actions (login required)

View Item
View Item