ANALISIS KOMPETENSI KEPALA RUANG DALAM PELAKSANAAN MODEL PRAKTIK KEPERAWATAN PROFESIONAL DI RSPKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

ERIYANSAH FARWA (2014) ANALISIS KOMPETENSI KEPALA RUANG DALAM PELAKSANAAN MODEL PRAKTIK KEPERAWATAN PROFESIONAL DI RSPKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

*355 Latar Belakang : Di antara tingkat manajer yang ada, kepala ruang adalah manajer operasional yang merupakan pimpinan secara langsung mengelola seluruh sumber daya di unit perawatan untuk menghasilkan pelayanan yang bermutu. Terdapat empat garis besar konsep kerangka kerja yang harus dimiliki oleh kepala ruang namun ketrampilan berdasarkan kompetensi terbukti sangat efektif dalam peran manajerial. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta pada Desember 2013, dengan mewawancarai 5 orang kepala ruang didapatkan hasil bahwa masih banyak kendala yang mempengaruhi kompetensi para kepala ruang.
Tujuan penelitian : Untuk mengetahui kompetensi kepala ruang dalam pelaksanakan model praktik keperawatan profesional di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode penelitian : Penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan informasi secara mendalam mengenai kompetensi kepala ruang dalam penerapan model praktik keperawatan di Rumah Sakit PKU Yogyakrta.
Hasil Penelitian : Peneliti menemukan 7 tema dengan 12 subtema. Membina hubungan professional (tema 1), menyelesaian konflik (tema 2), menjaga keselamatan pasien rumah sakit (tema 3), penyampaian informasi terbaru (tema 4), meningkatkan kinerja staf (tema 5), membentuk sikap professional staf (tema 6), mengenalkan rumah sakit(tema 7)
Kesimpulan : Kompetensi kepala ruang dalam pelaksanaan MPKP sudah dijalankan dengan baik namun dalam hal menjaga keselamatan pasien rumah sakit belum ada koordinasi antar staf berkaitan dengan keselamatan pasien, membentuk sikap professional staf hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja, dan proses pengenalan di rumah sakit tidak melibatkan para kepala ruang.
Kata Kunci: Kompetensi, kepala ruang, MPKP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *355 KOMPETENSI - KE[ALA RUANG - MPKP
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:15
Last Modified: 28 Dec 2021 06:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item
View Item