GAMBARAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA PSIK FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UMY ANGGATAN 2010 - 2013.

ELIANA ELITA (2014) GAMBARAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA PSIK FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UMY ANGGATAN 2010 - 2013. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (116kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)

Abstract

*369 Latar belakang: Perilaku merokok merupakan perilaku yang dapat membahayakan kesehatan. Perilaku seseorang tidak akan lepas dari pengaruh lingkungannya. Perilaku merokok merupakan hal yang biasa bagi kebanyakan masyarakat di indonesia. Perilaku merokok setiap tahun mengalami peningkatan dan usia mulai merokok semakin muda, bukan hanya laki-laki, melainkan juga dilakukan oleh perempuan. Saat ini sering di jumpai mahasiswa yang merokok di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Umumnya mahasiswa-mahasiswa berasal dari luar kota yang tinggal di kost atau mengontrak rumah. Berkaitan dengan itu, maka di perlukan pembahasan mengenai perilaku merokok pada mahasiswa, khususnya PSIK FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
TujuanTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku merokok pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran dan ilmukesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2010-2013.
Metode:: Penelitian ini menggunakan metode penelitian non eksperimen dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah mahasiswa PSIK 2010-2013 yang aktif merokok. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling berjumlah 59 orang, data diambil dengan menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan analisa univariat.
Hasil: Hasilnya menunjukkan perilaku merokok mahasiswa perilaku merokok sedang (64,4%).
Kesimpulan: Perilaku perokok berdasarkan jumlah rokok yang dihisap dalam sehari termasuk dalam kategori perilaku perokok sedang (64,4%) dan perokok ringan (35,6%).
Kata kunci: Perilaku, Merokok

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *369 PERILAKU - MEROKOK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:48
Last Modified: 28 Dec 2021 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item
View Item