HUBUNGAN PEMBERIAN MAKAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN ANGKA KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA 0 - 6 BULAN DI KABUPATEN MERAUKE.

RIYAN ZULFIKAR (2014) HUBUNGAN PEMBERIAN MAKAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN ANGKA KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA 0 - 6 BULAN DI KABUPATEN MERAUKE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

*358 Latar Belakang Bayi yang menerima makanan pendamping ASI (MP ASI) sebelum usia 6 bulan menyebabkan resiko tejadinya diare 17 kali lebih besar dari pada bayi yang menerima makanan pendamping ASI ( MP ASI) setelah usia 6 bulan. Kab. Merauke tahun 2010, 92,4% bayi berusia kurang dari 6 bulan telah diberikan MP ASI dan 2.366 kasus diare dialami oleh balita.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pemberian makanan pendamping ASI dengan kejadian diare pada bayi 0-6 bulan di kabupaten Merauke..
Metode Penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini ibu yang mempunyai bayi berusia 0-6 bulan yang bertempat tinggal di wilayah kerja PUSKESMAS utama yang berada di Kabupaten Merauke distrik merauke dan Naukenjerai sebanyak 330.. Sampel pada penelitian diambil berjumlah 66 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner.
Hasil penelitian setelah dilakukan uji statistik menggunakan chi-square maka di dapatkan hasil uji statistik hubungan antara pemberian MP ASI dengan kejadian diare p-value 0.000 (p ≤ α 0.05), yang berarti ada hubungan antara pemberian MP ASI dengan kejadian diare di distrik merauke dan distrik naukenjerai. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengendalikan variabel – variabel pengganggu yang muncul dalam penelitian.
Kesimpulan Adanya hubungan antara pemberian Makanan Pendamping ASI (MP ASI) dengan angka kejadian diare pada bayi usia 0 – 6 bulan di Distrik Naukenjerai dan Distrik Merauke Kab.Merauke.
Kata Kunci : Makanan Pendamping ASI, Diare

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *358 MAKANAN PENDAMPING ASI - DIARE
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:48
Last Modified: 28 Dec 2021 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14957

Actions (login required)

View Item
View Item