PENGARUH GAME BERBASIS ANDROID TENTANG DIET DIABETES MELITUS (DM) TERHADAP PENGETAHUAN DIET PADA PENDERITA DM.

SHENDIKA WIRASTINING TYAS (2014) PENGARUH GAME BERBASIS ANDROID TENTANG DIET DIABETES MELITUS (DM) TERHADAP PENGETAHUAN DIET PADA PENDERITA DM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Diet DM adalah penatalaksanaan yang utama pada pasien DM. Game berbasis android merupakan salah satu media yang diharapkan dapat mengoptimalkan proses pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh game berbasis android tentang diet DM terhadap pengetahuan diet DM pada pasien DM.
Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment dengan menggunakan pre-post test with control group sebanyak 36 responden yang terpilih secara purposive sampling dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen melalui undian, masing-masing kelompok 18 responden. Kelompok kontrol mendapatkan pelayanan standar sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan game berbasis android dan pelayanan standar. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang valid (CVI = 0,86) dan reliabel (r = 0,67). Data dianalisis menggunakan Paired t test dan Independent sample t test.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan, rata-rata usia 62,4 th dengan lama menderita DM 11 tahun. Tidak terdapat peningkatan pengetahuan setelah pemberian pelayanan standar pada kelompok kontrol. Terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah intervensi (p>0,05, t = -15,1). Terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol setelah dilakukan intervensi (p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *363 GAME ANDROID - PENGETAHUAN DIET DM - PASIEN DM
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:45
Last Modified: 22 Jun 2022 07:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14963

Actions (login required)

View Item
View Item