HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 6 - 24 BULAN DI KABUPATEN MERAUKE.

ALFIANTI WAHYU PRATIWI (2014) HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 6 - 24 BULAN DI KABUPATEN MERAUKE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi. Bayi yang tidak mendapatkan ASI Eksklusif 6 bulan beresiko terkena infeksi dan malnutrisi. Pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam memberikan ASI Eksklusif sangat berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Program ASI Eksklusif oleh pemerintah belum terlaksana dengan baik di kabupaten Merauke, dengan jumlah pemberian ASI Eksklusif 7,6%.
Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam memberikan ASI Eksklusif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia 6 – 24 bulan.
Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen menggunakan metode analitik observasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian diambil berjumlah 109 orang dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner untuk menilai Pengetahuan, sikap dan perilaku dan pengukuran pertumbuhan menggunakan KMS dan Denver Test II untuk pengukuran perkembangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan ibu sebagian besar tinggi 55%. Sikap ibu sebagian besar cukup 48.6%. Perilaku ibu sebagian besar cukup 64,2%. Pertumbuhan anak sebagian besar baik 81,7%. Perkembangan anak sebagian besar normal 77%. Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak p=0,000 (

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *370 PENGETAHUAN - SIKAP - PERILAKU - ASI EKSKLUSIF - PERTUMBUHAN - PERKEMBANGAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:45
Last Modified: 22 Jun 2022 07:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item
View Item