PENGETAHUAN PERAWAT SEKOLAH TERKAIT JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

DIAN WURI RAHMAWATI (2014) PENGETAHUAN PERAWAT SEKOLAH TERKAIT JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia presentase jajanan anak SD yang dicampur dengan berbagai zat berbahaya masih sangat tinggi, sehingga nilai gizi dan nilai keamanan jajanan anak SD perlu mendapat perhatian. Dalam hal ini pengetahuan gizi perawat sekolah sangat berpengaruh terhadap pemilihan jajanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi anak sekolah.
Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui Pengetahuan Perawat Sekolah Terkait Jajanan Sehat Di Sekolah Dasar Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode: Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneletian ini dilakukan di tiga Sekolah Dasar yang ada di wilayah Yogyakartayaitu SD Al-Azhar 31, SD Budi Mulia Dua Seturan dan SD Budi Mulia Dua Pandean Sariyang keseluruhan berlokasi di kabupaten Sleman dan jumlah partisipan sebanyak 3 orang. Instrumen penelitian menggunakan panduan wawancara, perekam suara dan buku catatan. Teknik pengambilan partisipan menggunakan teknikpurposive sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan cara manual dengan thematic analysis.
Hasil:Dari hasil analisa didapatkan 7 tema dan 18 sub-tema, dimana tema kandungan dan fungsi jajanan, food safety, kebersihan jajanan, supervisi rutin, sanitasi yang baik dan kaulifikasi pemasak, keseluruhan menjawab tujuan khusus penelitian. Sedangkan terdapat 1 tema spesifik yakni tema angka kecukupan gizi.
Kesimpulan: Pengetahuan perawat sekolah terkait jajanan sehat sudah cukup baik karena seluruh partisipan mampu menjawab keseluruhan tujuan penelitian dan didapatkan 1 tema spesifik. Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan jumlah responden yang lebih banyak agar data lebih valid dan jenuh
Kata Kunci: anak SD, jajanan sehat, pengetahuan, perawat sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *384 ANAK SD - JAJANAN SEHAT - PENGETAHUAN - PERAWAT SEKOLAH
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:42
Last Modified: 22 Jun 2022 07:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14966

Actions (login required)

View Item
View Item