FEBRIYANTI M. KARIM (2014) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE HCAHPS DI RS SWASTA DAN RS NEGERI DI DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Naskah Publikasi.pdf
Download (448kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan pasien adalah multidimensi yang mencerminkan jenis dan kualitas layanan kesehatan, seberapa baik dan sejauh mana harapan dan kepuasan pasien terpenuhi. HCAHPS adalah suatu metode pengukuran tingkat kepuasan pasien berdasarkan keseluruhan aspek rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien antara rumah sakit swasta dan rumah sakit negeri di DIY.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain komparatif yang merupakan jenis penelitian non eksperimen. Penelitian ini mengambil responden berjumlah 57 pasien, yang terdiri dari 26 pasien di rumah sakit swasta dan 31 pasien di rumah sakit negeri. Hasil disajikan dalam prosentase dengan menggunakan data statistik dengan Mann-whitney test.
Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit swasta dan rumah sakit negeri dengan nilai signifikansi pada komponen komunikasi perawat 0.403 atau >0.05, komunikasi dokter 0.789 atau >0.05, lingkungan rumah sakit 0.896 atau >0.05, manajemen nyeri 0.129 atau >0.05, komunikasi pengobatan 0.179 atau >0.05, informasi kepulangan 0.79 atau >0.05, keseluruhan rumah sakit 0.591 atau >0.05 dan kesediaan merekomendasikan rumah sakit 0.622 atau >0.05.
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien menggunakan metode HCAHPS di rumah sakit swasta dan rumah sakit negeri di DIY.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, HCAHPS, Rumah Sakit Swasta dan Rumah Sakit Negeri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *382 KEPUASAN PASIEN - HCAHPS - RUMAH SAKIT SWASTA - RUMAH SAKIT NEGERI |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 07:42 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14968 |