HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TERHADAP PELAKSANAAN PENGKAJIAN RESIKO JATUH SKALA MORSE DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT 2

NANANG YULIANTO PRABOWO (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TERHADAP PELAKSANAAN PENGKAJIAN RESIKO JATUH SKALA MORSE DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

*381 Latar Belakang: Jatuh merupakan suatu masalah yang serius di rumah sakit terutama bagi pasien rawat inap. Kejadian jatuh tersebut dapat menurunkan durasi dan kualitas hidup pasien. Pasien yang dirawat di rumah sakit mempunyai hak untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama proses perawatan. Oleh karena itu, perlunya dilakukan tindakan pencegahan jatuh dengan dilakukannya pengkajian resiko jatuh oleh perawat.
Tujuan: Untuk mengetahui adakah hubungan antara tingkat pengetahuan perawat terhadap pelaksanaan pengkajian resiko jatuh menggunakan skala Morse di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit 2.
Metode: Jenis penelitian ini adalah non-eksperimental bersifat korelasi dengan pendekatan cross secsional. Sampel penelitian ini berjumlah 27 responden dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan uji spearman rank.
Hasil: 22 perawat yang memiliki tingkat pengetahuan tinggi, 17 diantaranya tidak melaksanakan dan 5 diantaranya melaksanakan pengkajian resiko jatuh menggunakan skala Morse. Kemudian dari 5 perawat yang memiliki tingkat pengetahuan sedang semuanya tidak melakukan pengkajian resiko jatuh skala Morse. Hasil uji spearman rank p value = 0,0254
Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan perawat terhadap pelaksanaan pengkajian resiko jatuh skala morse.
Kata Kunci: Pengkajian Resiko Jatuh, Skala Morse, Tingkat pengetahuan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *381 PENGKAJIAN RESIKO JATUH - SKALA MORSE - TINGKAT PENGETAHUAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:04
Last Modified: 21 Jun 2022 04:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14969

Actions (login required)

View Item
View Item