EFEKTIVITAS PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BAHAYA MEROKOK MELALUI SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WARGA DUSUN KALIURIP MADUKARA BANJARNEGARA

NOFI NURHAYATI (2014) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BAHAYA MEROKOK MELALUI SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WARGA DUSUN KALIURIP MADUKARA BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

*380 Latar Belakang: Menurut data dari Global Adult Tobacco Survey (GATS, 2011), jumlah perokok aktif di Indonesia sebanyak 67% (laki-laki) dan 2.7% (perempuan). Menurut hasil studi pendahuluan, prevalensi perokok di daerah Kaliurip ± 90% (laki-laki), sedangkan ± 1-2 % (perempuan). SMS (Short Message Service) merupakan salah satu layanan pesan singkat yang terdapat di ponsel yang dapat di gunakan sebagai medi pedidikan kesehatan yang mudah, murah dan sederhana yang membantu untuk meningkatkan pengetahua masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahaya merokok warga Dusun Kaliurip, Madukara, Bajarnegara.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental, dengan menggunkan rancangan penelitian yang bersifat quasi eksperimen dengan rancang pretest-posttest with control group design dengan jumlah sampel berjumlah 45 orang yang terbagi atas dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisis yang akan dilakukan dengan uji statistik Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan masyarakat pada kelompok intervensi mengalami peningkatan yang signifikan setelah mendapatkan intervensi berupa pendidikan kesehatan dengan SMS (Short Message Service) yaitu P value pada kelompok kontrol sebesar 0.314 hal tersebut menunjukkan bahwa pada pretest dan posttest kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan pengetahuan, sedangkan pada kelompok intervensi sebesar 0.000 hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan.
Kesimpulan : pendidikan kesehatan melalui SMS berpengaruh secara signifikan dapat meningkatkan tingkat pengetahuan warga Dusun kaliurip, Madukara, Banjarnegara.
KataKunci: SMS (Short Message Service), Rokok, Tingkat Pengetahuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *380 SMS - ROKOK - TINGKAT PENGETAHUAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:06
Last Modified: 21 Jun 2022 04:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14970

Actions (login required)

View Item
View Item