PENGARUH SELP HELP GROUP (SHG) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU DAN KETERGANTUNGAN MEROKOK PADA SISWA DI SALAH SATU SMA DI YOGYAKARTA

AYU PURWASIH PUTRI JAYA S (2014) PENGARUH SELP HELP GROUP (SHG) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU DAN KETERGANTUNGAN MEROKOK PADA SISWA DI SALAH SATU SMA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

*372 Latar Belakang:Tahun 2010 diperkirakan terdapat 6 juta orang di dunia meninggal (termasuk 190.260 orang di Indonesia) akibat penyakit terkait tembakau. Di Indonesia setiap tahunnya terjadi peningkatan umur mulai merokok di kalangan remaja. Menemukan terapi yang efektif untuk remaja sangat penting. SHG adalah salah satu jenis terapi berhenti merokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self Help Group (SHG) terhadap perubahan perilaku dan ketergantungan merokok pada siswa di salah satu SMA di Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan Quasy Eksperiment. Sampel pada peneltian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA yang merokok. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Uji analisis menggunakan Paired Sample t-test dan Independent Sample t-test untuk perilaku sedangkan ketergantungan merokok menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Yogyakarta.
Hasil: Uji analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh SHG terhadap perubahan perilaku dengan p=0.000 (0.05). Terdapat perbedaan perilaku antara kelompok intervensi dan kontrol dengan p=0.000 (0.05).
Kesimpulan:Self Help Group (SHG) berpengaruh dan memiliki perbedaan yang signifikan untuk merubah perilaku merokok siswa antara kelompok intervensi dan kontrol. Namun, SHG tidak memiliki pengaruh dan perbedaan yang signifikan untuk menurunkan ketergantungan merokok antara kelompok intervensi dan kontrol pada siswa di salah satu SMA di Yogyakarta.
Kata Kunci:Self Help Group, ketergantungan merokok, perilaku merokok, rokok

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *372 SELF HELP GROUP - KETERGANTUNGAN MEROKOK - ROKOK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:46
Last Modified: 21 Jun 2022 03:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14977

Actions (login required)

View Item
View Item