PENGARUH MEMBACA AL-QUUR'AN DENGAN METODE TAHSIN TERHADAP DEPRESI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT ABIYOSO PAKEM YOGYAKARTA.

ERITA (2014) PENGARUH MEMBACA AL-QUUR'AN DENGAN METODE TAHSIN TERHADAP DEPRESI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT ABIYOSO PAKEM YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perubahan yang terjadi selama hidup sampai usia tua membuat lansia
menjadi sangat rentan terhadap depresi. Depresi adalah masalah psikologis utama
yang terjadi pada lansia. Depresi merupakan suatu jenis gangguan alam
perasaan emosi yang disertai komponen psikologis dan komponen somatik.
Tindakan keperawatan untuk mengatasi depresi pada lansia adalah dengan
farmakologi dan nonfarmakologi. Salah satu tindakan nonfarmakologi adalah
dengan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh
membaca Al-Qur’an dengan metode Tahsin terhadap tingkat depresi pada lansia
di PSTW unit Abiyoso Pakem Yogyakarta.
Desain penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan rancangan
Pra Eksperimen One Group Pre-Post Test Design. Subjek penelitiannya adalah
lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Wherda unit Abiyo Pakem Yogyakarta.
Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling dan didapat
11 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian ini dilakukan pada Bulan
Mei-Juni 2014.
Pengaruh membaca Al-Qur’an terhadap tingkat depresi pada lansia di uji
menggunakan uji Uji Paired t-test. Hasil uji tersebut signifikan yaitu diperoleh ρ
value sebesar 0,00 atau

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *391 MEMBACA AL-QUR'AN - TAHSIN - LANSIA - DEPRESI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:33
Last Modified: 22 Jun 2022 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14982

Actions (login required)

View Item
View Item