HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

RUDY ANGGARA (2014) HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

*400 Latar Belakang: Obesitas merupakan salah satu masalah yang sering ditemukan di masyarakat. Salah satu masalah kesehatan yang sering ditimbulkan akibat obesitas adalah hipertensi. Risiko hipertensi meningkat dengan berkembangnya obesitas, terutama pada perempuan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan obesitas dengan kejadian hipertensi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Tehnik pengambilan sampel cross sectional. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa obesitas berjumlah 38 sampel. Tehnik sampling menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan uji Spearman.
Hasil penelitian: terdapat mahasiswa obesitas I sebanyak 12 orang (68,4%), obesitas II sebanyak 8 orang (21,1%), dan obesitas III sebanyak 4 orang (10,5%). Sedangkan yang menderita hipertensi sebanyak 12 orang (31,6%) dan yang tidak hipertensi sebanyak 26 orang (68,4%). Di dapatkan hasil hubungan obesitas dengan kejadian hipertensi dengan uji Spearman (p = 0,004 < 0,05). Nilai r adalah 0,460 yang menunjukkan arah korelasi positif dengan hubungan yang kuat.
Kesimpulan: Semakin tinggi tingkat obesitas seseorang maka risiko untuk menderita hipertensi semakin besar.
Kata Kunci: Obesitas dan Kejadian Hipertensi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *400 OBESITAS DAN KEJADIAN HIPERTENSI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:24
Last Modified: 22 Jun 2022 07:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item
View Item