HUBUNGAN DUKUNGAN EMOSIONAL KELUARGA DENGAN HARGA DIRI REMAJA PANTI SOSIAL WANITA SIDOARUM KABUPATEN SLEMAN PROPENSI DIY.

MARA IMBANG SATRIAWAN HASIOLAN (2014) HUBUNGAN DUKUNGAN EMOSIONAL KELUARGA DENGAN HARGA DIRI REMAJA PANTI SOSIAL WANITA SIDOARUM KABUPATEN SLEMAN PROPENSI DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Manfaat dari harga diri tinggi yaitu membentuk pendirian yang kuat, membentuk sikap optimis, dan rasa percaya diri. Keberhasilan dan kegagalan dalam kehidupan sangat dipengaruhi oleh harga diri dan dukungan yang dimiliki remaja. Dengan adanya dukungan berupa perhatian, kepercayaan, empati dan kepedulian yang diterima akan membuat remaja merasa diperhatikan, dicintai, nyaman dan dihargai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan dukungan emosional keluarga dengan harga diri remaja.
Metode: Jenis penelitian ini adalah menggunakan desain non-eksperimental bersifat corelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 31 dengan menggunakan teknik total sampling. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan uji Spearman Rank.
Hasil: Berdasarkan hasil uji analisis antara dukungan emosional keluarga dengan harga diri remaja diperoleh nilai P = 0,002 (p value < 0,005).
Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan emosional keluarga dengan harga diri remaja. Diharapkan remaja untuk tetap mempertahankan hubungan dengan keluarga dan kualitas harga diri.
Kata Kunci: Dukungan Emosional, Harga Diri, Remaja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *403 DUKUNGAN EMOSIONAL - HARGADIRI - REMAJA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:24
Last Modified: 22 Jun 2022 07:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14994

Actions (login required)

View Item
View Item