HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PLERET BANTUL YOGYAKARTA.

HAJARUDIN (2014) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PLERET BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar Belakang : Komunikasi merupakan komponen penting dalam keperawatan.
Komunikasi antar perawat dan klien memiliki hubungan terapeutik yang bertujuan
untuk kesembuhan klien. Terciptanya komunikasi terapeutik yang baik akan
menciptakan hubungan saling percaya antara perawat dan pasien. Dengan
demikian, pasien akan merasa puas dan nyaman terhadap pelayanan yang
diberikan perawat sehingga meningkatkan semangat dan motivasi pasien untuk
sembuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas
Pleret Bantul Yogyakarta.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian non-eksperimen dengan
menggunakan pendekatan cross-sectional. Subyek penelitian adalah pasien yang
mendapatkan penanganan oleh perawat di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta.
Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling berjumlah 30 orang
pasien dan 10 orang perawat. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan
analisis data menggunakan korelasi Chi Square.
Hasil : Hasil analisa univariat menunjukkan bahwa sebagian besar komunikasi
terapeutik perawat berada dalam kategori baik yaitu sebanyak 22 orang (73,3%)
serta tingkat kepuasan responden di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta sebagian
besar berada dalam kategori puas yaitu sebanyak 24 orang (80,0%). Hasil analisa
bivariat pada uji statistik dengan menggunakan rumus analisis Chi Square
menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,536 dan nilai p sebesar 0,384 (p>0,05) yang
berarti tidak ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dangan tingkat
kepuasan pasien di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta.
Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan
tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta.
Kata kunci: Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *404 KOMUNIKASI TERAPEUTIK - PERAWAT - KEPUASAN PASIEN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:39
Last Modified: 22 Jun 2022 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14995

Actions (login required)

View Item
View Item