GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG MONITORING KADAR GULA DARAH MANDIRI PADA PENDERITA DM DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

FARIDA PUSPITASARI (2014) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG MONITORING KADAR GULA DARAH MANDIRI PADA PENDERITA DM DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Monitoring kadar gula darah secara mandiri diperlukan agar penderita diabetes melitus dapat mengatur terapinya untuk mengendalikan kadar gula darah secara optimal. Cara ini memungkinkan deteksi dan pencegahan hipoglikemia dan hiperglikemia dan berperan dalam menentukan kadar gula darah normal. Monitoring kadar gula darah sangat penting karena gula darah adalah indikator untuk menentukan diagnosa penyakit DM. Kadar gula darah dapat diperiksa sewaktu dan ketika puasa. Seseorang di diagnosa menderita diabetes melitus jika hasil pemeriksaan kadar gula darah sewaktu ≥ 200 mg/dl, sedangkan kadar gula darah ketika puasa ≥ 126 mg/dl. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap tentang monitoring kadar gula darah mandiri pada penderita DM di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode Penelitian :
Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 orang penderita DM di poli penyakit dalam di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa statistik deskriftif.
Hasil Penelitian :
Terdapat sebagian besar responden mempunyai tingkat pengetahuan sedang tentang monitoring kadar gula darah mandiri sebanyak 16 responden (50.0%) diikuti oleh tingkat pengetahuan tinggi sebanyak 11 responden (34.4%) dan yang paling sedikit adalah tingkat pengetahuan pada kategori rendah sebanyak 5 responden (15.6%). Pada sikap sebagian besar responden mempunyai sikap baik tentang monitoring kadar gula darah mandiri sebanyak 21 responden (65.6%) diikuti oleh sikap cukup sebanyak 11 responden (34.4%).
Kesimpulan :
Tingkat pengetahuan sebagian besar adalah sedang dan sikap adalah baik terhadap monitoring kadar gula darah mandiri pada penderita DM di poli rawat jalan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Kata Kunci: Monitoring kadar gula darah mandiri, pengetahuan, sikap,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *408 MONITORING KADAR GULA DARAH MANDIRI - PENGETAHUAN - SIKAP
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:36
Last Modified: 22 Jun 2022 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item
View Item