MEGA DWI NUGRAHA (2014) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN GIGI TIRUAN LENGKAP LEPASAN OLEH DOKTER GIGI MUDA DI RSG DAN MULUT PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Naskah Publikasi.pdf
Download (328kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (808kB)
Abstract
Latar belakang : Berdasarkan data Riskesdas (2007) pengguna gigi tiruan di Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 5,9%, lebih tinggi daripada persentase pemakai gigi tiruan di Indonesia yang hanya sebesar 4,6%. Angka pengguna gigi tiruan yang tinggi menuntut adanya upaya pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kualitas pelayanan suatu penyedia layanan jasa dilihat dari dimensi SERVQUAL yaitu, berupa jaminan, empati, kehandalan, daya tanggap, tampilan fisik, pelayanan medis dan profesionalisme, ketujuh dimensi ini yang akan mempengaruhi kepuasan pasien.
Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien yang dirawat gigi tiruan lepasan lengkap oleh dokter gigi muda di RSGM-P UMY.
Metode penelitian : Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara kepada 30 responden.
Hasil penelitian : Pasien pengguna gigi tiruan lengkap lepasan yang dirawat oleh dokter gigi muda di RSGM-P UMY merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Kesimpulan : Karakteristik subjek asal pendanaan berasal dari dokter gigi muda dan dimensi kualitas tampilan fisik (tangible) merupakan faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pasien.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Gigi Tiruan Lengkap Lepasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPUASAN PASIEN - GIGI TIRUAN LENGKAP LEPASAN |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 06:36 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 06:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15000 |