PENGARUH PERBANDINGAN VARIASI AIR DENGAN ABU VULKANIK SEBAGAI BAHAN DASAR TERHADAP KUAT TEKAN BETON GEOPOLIMER DENGAN PENAMBAHAN KAPUR 30%

HUSAIN MARSAOLY (2014) PENGARUH PERBANDINGAN VARIASI AIR DENGAN ABU VULKANIK SEBAGAI BAHAN DASAR TERHADAP KUAT TEKAN BETON GEOPOLIMER DENGAN PENAMBAHAN KAPUR 30%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Perkembangan pembangunan di indonesia yang semakin meningkat akan membutuhkan konstruksi beton yang semakin tinggi dengan kualitas yang baik dan budget yang ideal. Semakin tinggi kebutuhan konstruksi beton maka semakin tinggi produksi semen, yang akan menghasilkan gas CO2 dalam jumlah yang besar sehingga menyebabkan lingkungan kita semakin tercemar. Beton geopolimer merupakan pencampuran natrium silikat (NaSiO3) dengan natrium hidoksida (NaOH) muncul sebagai bahan pengganti semen dalam pembuatan beton untuk mengurangi produksi semen. Pada penelitian ini digunakan abu vulkanik yang dimuntahkan dari gunung kelud di jawa timur pada tanggal 14 februari 2014 sebagai bahan dasar beton geopolimer, karena kandungan oksida silika (SiO2) dan oksida alumina (Al2O3) yang cukup tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh perbandingan variasi air dengan abu vulkanik terhadap kuat tekan beton geopolimer dangan penambahan kapur 30% dan mencari kuat tekan optimum pada variasi perbandingan air dengan abu vulkanik sebagai bahan dasar beton geopolimer, yaitu pada variasi 1:3.56, 1:4.00, 1:4.44, 1:4.88 dan 1:5.32. Pada penelitian ini benda uji yang digunakan adalah berbentuk silinder dengan diameter 7,5 cm dan tinggi 15 cm sebanyak 20 sempel dan masing-masing variasi terdiri dari 4 sempel. Perawatan benda uji dilakukan dengan cara diovenkan pada suhu 800 C dalam kondisi dibungkus dengan alumunium foil, kemudian dilakukan pengujian kuat tekan pada umur 1 hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan variasi air dengan abu vulkanik berpengaruh terhadap nilai kuat tekan beton geopolimer, semakin besar perbandingan air dengan abu vulkanik maka kuat tekan beton semakin tinggi hingga mencapai perbandingan yang optimum, dan nilai kuat tekan optimum terjadi pada variasi 1:4,13 sebesar 19,931 Mpa. Dan nilai kuat tekan minimum terjadi pada variasi 1:5,32 sebesar 16,13 Mpa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GEOPOLIMER - AIR PER ABU VULKANIK - KUAT TEKAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:30
Last Modified: 28 Dec 2021 03:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15019

Actions (login required)

View Item
View Item