KECENDERUNGAN BERITA LION AIR PADA DETIK.COM DAN KOMPAS.COM.

ASRI NUR UTAMI (2014) KECENDERUNGAN BERITA LION AIR PADA DETIK.COM DAN KOMPAS.COM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini berusaha menganalisis kecenderungan berita Lion Air pada Detik.com dan Kompas.com periode 2012-2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai arah opini dan topik yang sering muncul pada pemberitaan Lion Air pada Detik.com dan Kompas.com periode 2012-2013. Kerangka teori dalam penelitian ini melihat bahwa pemberitaan di media memuat arah opini tertentu dan penonjolan isu tertentu (agenda setting) yang dapat mempengaruhi opini publik dan penting untuk diketahui oleh perusahaan ditinjau dari ranah PR.
Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis berita Lion Air pada Detik.com dan Kompas.com sesuai dengan kategorisasi yang telah ditentukan. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari berita Lion Air pada Detik.com dan Kompas.com periode 2012-2013 dan data sekunder dari studi kepustakaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh berita Lion Air pada Detik.com dan Kompas.com periode 2012-2013 dengan teknik pengambilan secara sampel total. Unit analisis pada penelitian ini adalah arah opini dan topik berita.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa dari 261 berita Lion Air yang ada pada Detik.com, sebanyak 8% berita merupakan berita favorable, 61% berita merupakan berita neutral dan 18% berita merupakan berita unfavorable. Sementara untuk kategori topik berita, 36% berita adalah berita dengan topik pelayanan, 11% berita topik profesionalisme, 24% berita kecelakaan, 3% berita perluasan bisnis, 11% berita kebijakan pemerintah dan 13% berita lain-lain. Untuk 172 berita pada Kompas.com,
13% berita merupakan berita favorable, 67% berita merupakan berita neutral dan 19% berita merupakan berita unfavorable. Lalu untuk kategori topik berita, 20% adalah berita dengan topik pelayanan, 3% berita topik profesionalisme, 48% berita kecelakaan, 15% berita perluasan bisnis, 6% berita kebijakan pemerintah dan 5% berita lain-lain.
Kata kunci : Kecenderungan, Berita Lion Air, Opini Publik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KECENDERUNGAN - BERITA LION AIR - OPINI PUBLIK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:53
Last Modified: 28 Dec 2021 02:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item
View Item