PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP EKUITAS MEREK

ANINDITA AYU KURNIANINGRUM (2014) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP EKUITAS MEREK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang baik di Indonesia menjadi alasan meningkatnya eskalasi persaingan antar bank. Termasuk BCA, Bank Mandiri dan BRI yang terus berkejaran lima tahun terakhir ini untuk mendapatkan nilai ekuitas merek yang kuat
dibenak masyarakat. Untuk membangun ekuitas merek yang kuat tidaklah mudah, dibutuhkan program dan pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu yang tepat dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terpadu persepsian terhadap ekuitas merek yang berbasis pada konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan dianalisa secara kuantitatif. Keseluruhan responden berjumlah 100 orang dengan syarat responden tersebut adalah nasabah yang pernah atau masih menjadi nasabah di BCA, Bank Mandiri dan BRI cabang Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgment sampling. Setelah kuesioner diuji validitas dan reliabilitas, kemudian data diolah menggunakan analisis anova satu arah dan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hipotesis pertama ditolak artinya tidak ada perbedaan secara signifikan pada variabel komunikasi pemasaran terpadu persepsian yang dimiliki BCA, Bank Mandiri dan BRI. Pada hipotesis kedua, hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan ekuitas merek yang dimiliki BCA, Bank Mandiri dan BRI dikalangan konsumennya. Hasil hipotesis selanjutnya adalah mengenai pengaruh pada dua variabel tersebut. Keputusan hipotesis tersebut diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel komunikasi pemasaran terpadu persepsian terhadap ekuitas merek berbasis pada konsumen. Teori dan model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki komunikasi pemasaran terpadu lebih baik, cenderung memiliki ekuitas merek yang lebih baik pula serta membuktikan adanya pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek,
Kata kunci: Ekuitas Merek, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Komunikasi Pemasaran Terpadu Persepsian, Ekuitas Merek Berbasis pada Konsumen, BCA, Bank Mandiri, BRI

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EKUITAS MEREK - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PERSEPSIAN - EKUITAS MEREK BERBASIS PADA KONSUMEN - BCA - BANK MANDIRI BRI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:27
Last Modified: 21 Jun 2022 03:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item
View Item