KONSTRUKSI PKS DALAM PEMBERITAAN KASUS SUAP KUOTA IMPOR DAGING SAPI DI KORAN REPUBLIKA DAN KOMPAS.

ANNISA NILAM CAHYA (2014) KONSTRUKSI PKS DALAM PEMBERITAAN KASUS SUAP KUOTA IMPOR DAGING SAPI DI KORAN REPUBLIKA DAN KOMPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (29kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

Penangkapan dan penetapan Luthfi Hasan Ishaaq di akhir Januari 2013 lalu terkait keterlibatannya dalam dugaan kasus suap kuota impor sapi, tentu berpengaruh secara langsung terhadap penilaian dan spekulasi masyarakat umum terhadap partai politik yang menaunginya, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Media massa ditengarai menjadi salah satu lembaga yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan spekulasi masyarakat tersebut. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk menganalisa bagaimana sesungguhnya konstruksi media terhadap PKS dalam fenomena tersebut dengan metode analisis framing model Robert Entman. Obyek penelitian yang digunakan adalah teks-teks berita tentang kasus sapi PKS di koran Republika dan Kompas dalam rentang waktu Januari hingga Mei 2013.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa Republika dan Kompas memiliki konstruksi yang berbeda terhadap PKS dalam pemberitaan kasus sapi. Republika memandang bahwa kasus sapi hanyalah permasalahan internal partai sekaligus ujian bagi kredibilitas PKS. Sehingga pemberitaannya cenderung mengkonstruksi PKS sebagai korban sekaligus partai politik Islam yang bersih dari korupsi. Sedangkan Kompas menilai bahwa kasus sapi adalah permasalahan bangsa dan cenderung mengkonstruksi PKS sebagai partai yang sama korupnya dengan partai-partai lain.

Kata kunci: PKS, kasus sapi, konstruksi media, teknik analisis framing Entman.
ABSTRACT

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PKS - KASUS SAPI - KONSTREUKSI MEDIA - TEKNIK ANALISIS FRAMING ENTMAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:54
Last Modified: 22 Jun 2022 05:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15073

Actions (login required)

View Item
View Item