PERSEPSI SISWA SD BUDI MULIA TERHADAP TAYANGAN "IDOLA CILIK" DI RCTI

RATIH FIANCE BARNAMA (2014) PERSEPSI SISWA SD BUDI MULIA TERHADAP TAYANGAN "IDOLA CILIK" DI RCTI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Program Reality Show “IDOLA CILIK” adalah program ajang pencarian bakat penyayi cilik yang di siarkan di RCTI sejak 2007 dengan pembawa acara Okki Lukman dan Ayu Dewi. Idola cilik berdurasi sekitar 60 – 240 menit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa-siswi SD Budi Mulia Yogyakarta terhadap program acara Idola Cilik di RCTI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian adalah siswa-siswi kelas V SD Budi Mulia Yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik non random sampling. Metode pengumpulan data adalah wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitan tentang persespsi persepsi siswa-siswi SD Budi Mulia Yogyakarta terhadap program acara Idola Cilik di RCTI adalah program ajang pencarian bakat menyanyi yang bagus, tetapi merupakan program anak yang membutuhkan evaluasi khususnya pada penentuan host dan durasi tayang Idola Cilik yang terlalu lama sehingga membosankan. Menurut persepsi 5 informan terhadap pembawa acara atau host Idola Cilik dipersepsikan host yang berlebihan, sangat cerewet, kasar dalam berbicara. Sedangkan persepsi terhadap durasi program acara Idola Cilik juga dipersepsikan sama oleh informan bahwa durasi program acara Idola Cilik terlalu lama sehingga membosankan. Persepsi terhadap tata panggung Idola Cilik dipersepsikan positif yaitu tata panggung yang menarik, keren, modern sesuai dengan tema atau lagu yang dinyanuyikan para Idola Cilik. Persepsi terhadap tata busana Idola Cilik dipersepsikan berbeda yaitu gaya busana Idola Cilik dipersepsikan terlalu terbuka, tidak sesuai dengan umur anak.Persepsi terhadap konsep acara adalah bagus dikemas secara elegan dan kreatif. Faktor yang mempengaruhi persepsi terhadap program acara Idola Cilik adalah faktor pengalaman dan motivasi informan terhadap program Idola Cilik yaitu motivasi untuk dapat bernyanyi lebih baik dan mengetahui dasar-dasar bernyanyi yang bagus serta motivasi untuk berani tampil di depan orang banyak dan pantang menyerah untuk mewujudkan impian. Kata Kunci : persepsi, program reality show

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI - PROGRAM RALITY SHOW
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:22
Last Modified: 21 Jun 2022 03:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item
View Item