DETEKSI RETAK JALAN RAYA MENGGUNAKAN METODE PENGOLAHAN CITRA.

RIZA AZYUMARRIDHA AZRA (2014) DETEKSI RETAK JALAN RAYA MENGGUNAKAN METODE PENGOLAHAN CITRA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi akan kondisi jalan raya merupakan bagian penting dalam pengelolaan dan evaluasinya. Secara tradisional, data mengenai kondisi jalan raya didapatkan dari petugas pemeriksa ketika berjalan atau berkendara untuk menilai kerusakan dan selanjutnya diwujudkan dalam lembaran-lembaran kertas laporan yang sangat tebal. Selain memakan waktu, metode pemeriksaan visual ini juga memakan biaya. Selain itu, metode ini juga bisa membahayakan keselamatan dari para petugas lapangan. Oleh karena itu, dengan menggunakan teknik pengolahan citra (image processing) digital secara otomatis, analisis akan kerusakanjalan raya khususnya jenis keretakan akan dapat dilakukan secara lebih cepat dan lebih aman. Citra atau kondisi visual dari kerusakan jalan raya, selanjutnya, akan dapat dianalisa secara otomatis. Selain itu, metode otomatis ini dapat meningkatkan tingkat objektifitas, akurasi, dan konsistensi dari data kerusakan yang didapat. Penelitian ini bertujuan sebagai merancang dan mengembangan perangkat lunak berbasis pegolahan citra (image processing) sebagai evaluasi atas kerusakan jalan raya. Program pengolahan citra digital ini memungkinkan kita untuk dapat mendeteksi keretakan secara membujur, melintang maupun keretakan dalam bentuk kecil-kecil seperti punggung buaya. Selanjutnya, program ini secara otomatis akan memperkirakan prosentase keretekan yang akan digunakan untuk melakukan identifikasi citra yang retak dan tidak retak. Kecanggihan teknologi pengolahan citra digital memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan metode manual. Program ini menawarkan biaya yang murah, aman dan efisien. Hasil deteksi yang lebih cepat dan akurat melalui program pengolahan citra digital tanpa harus menyentuh atau mengamati secara langsung permukaan yang akan diukur.
Algoritma yang dikembangkan pada penelitian ini memperoleh nilai optimal Tresholding (T) : 100, Median Filter (MF) : 3x3, Morphological Clossing (MC) : 3 dengan fungsi square. Algoritma tersebut mampu mengidentifikasi dan mendeteksi keretakan jalan raya dengan tingkat akurasi mencapai 82,5% ketika dibandingkan dengan metode tradisional. Penelitian ini ingin menunjukkan bahwa kombinasi dari pendekatan kamera sederhana dan programpengolahan citra digital bisa digunakan dalam evaluasi keretakan jalan raya.

Kata Kunci : Pengolahan citra, deteksi, akurasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGOLAHAN CITRA - DETEKSI - AKURASI
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:39
Last Modified: 22 Jun 2022 01:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item
View Item