ANALISIS PERHITUNGAN UNIT COST SEWA KAMAR KELAS III ARAFAH DENGAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

ANDY BAGUS LAKSANA S (2014) ANALISIS PERHITUNGAN UNIT COST SEWA KAMAR KELAS III ARAFAH DENGAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (162kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (165kB)

Abstract

Latar Belakang: Salah satu sumber pendapatan yang dimiliki rumah sakit adalah jasa rawat inap. Arafah merupakan salah ruangan yang cukup banyak dihuni pasien rawat inap sehingga perlu perhitungan unit cost yang sesuai. Activity-Based Costing adalah metode yang dapat digunakan untuk menentukan unit cost suatu pelayanan di rumah sakit.
Metode:jenis penelitian adalah kuatitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah data keuangan PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan obyek penelitian adalah aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan produk dan jasa. Analisis data menggunakan metode activity based costing.
Hasil dan Pembahasan: diperoleh unit cost dengan metode activity based costing sebesar Rp. 86.417,-. unit cost yang berlaku saat ini di rumah sakit sebesar Rp. 67.500,-. Hasil perhitungan metode ABC lebih besar dibanding yang berlaku saat ini. Sistem ABC ini biaya didapatkan berdasar pada aktifitas (activity based) sehingga perhitungan dapat lebih akurat. Konsep dari sistem ini adalah setiap aktivitas menimbulkan biaya sehingga perhitungan biaya didasarkan pada aktifitas yang dilakukan.
Kesimpulan:Peneliti menganjurkan penggunaan sistem ABC pada rumah sakit yang menggunakan system akuntansi dan keuangan yang modern serta sumber daya yang memadai karena hasil yang didapatkan lebih akurat.
Kata Kunci: activity based costing, unit cost, analisis biaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ACTIVITY BASED COSTING - UNIT COST - ANALISIS BIAYA
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:26
Last Modified: 28 Dec 2021 04:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item
View Item