IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 3 BANTUL

Siti Aniqoh Annisa (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 3 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Bantul. Fokus prmasalahan yang dikaji peneliti adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MAN 3 Bantul. 2) Implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Bantul. 3) Kendala dan cara mengatasi kendala dalam implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Sebjek penelitian adalah tenaga pendidik dan peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan sampel. Pengecekan keabsahan datan menggunakan triangulasi dan persistent observation.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan program yang telah direncanakan dari pihak madrasah, baik itu kegiatan keagamaan harian, isidental, dan penerapan pada pembelajaran. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan keagamaan adalah religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, gemar membaca, toleransi, peduli sosial, kerja keras, kebersamaan, dan toleransi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter peserta didik melaluikegiatan keagaaan di MAN 3 Batnul adalah fasilitas kurang memadai, waktu terbatas, dan kemampuan menghafal peserta didik. Cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan membuat kloter untuk sholat berjamaah, memperluas bangunan mushola, dan mengadakan kegiatan BTAQ.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:32
Last Modified: 21 Oct 2021 03:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item
View Item