PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECAD DI LEMBAGA KESEHATAN

RIZKA INTAN PRATIWI (2014) PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECAD DI LEMBAGA KESEHATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

*158 Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Asri Medical Center berdasarkan elemen-elemen Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan dan pembelajaran.
Perspektif keuangan diukur berdasarkan indikator rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan rasio efisien. Perspektif pelanggan diukur berdasarkan indikator kepuasan pelanggan, retensi pelanggan, akuisisi pelanggan, dan profitabilitas pelanggan. Perspektif proses bisnis internal diukur berdasarkan indikator proses inovasi dan proses operasional. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diukur berdasarkan indikator kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan produktivitas karyawan.
Berdasarkan pengukuran yang dilakukan diperoleh hasil bahwa perspektif keuangan relatif baik dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, proporsi laba yang dihasilkan, dan melunasi seluruh kreditor lancarnya. Namun, dalam mengontrol biaya persediaan dan dalam menyimpan persediaan masih kurang baik. Pada perspektif pelanggan dinyatakan baik dalam memberikan pelayanan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan yang baik. Pada perspektif proses bisnis internal dinyatakan baik dalam menciptakan produk/jasa baru dan memberikan pelayanan yang baik terhadap pasien. namun, masih kurang baik dalam membina hubungan dengan pasien dan dalam pemanfaatan tempat tidur. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinyatakan baik dalam memberikan pelayanan dan dalam mempertahankan karyawannya.
Kata kunci:aBalanced Scorecard, perspektif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: *158 BALANCED SCORECARD - PERSPEKTIF KEUANGAN - PELANGGAN - PROSES INTERNAL BISNIS SERTA PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:45
Last Modified: 21 Jun 2022 02:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item
View Item