PERSEPSI NASABAH TERHADAP SISTEME COMMERCE PADA BNI LIFE SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA

SULAIMATUL HUSNA (2014) PERSEPSI NASABAH TERHADAP SISTEME COMMERCE PADA BNI LIFE SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (79kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Pertumbuhan asuransi syariah nasional menunjukkan pertumbuhan signifikan, baik dari segi total premi maupun jumlah perusahaann asuransi yangberbasis syariah, secara mayoritas nasig dikelola dalam bentuk UUS (Unit Usaha Syariah). Kondisi ini berdampak pada semakin kompetitif dan berskala global persaingan dibidang industri asuransi syariah terlebih dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang dikenal dengan e-commerce, yang saat ini menjadi salah satu instrument penting dalam mendukung strategi bersaing setiap perusahaan. Selain itu, persepsi menjadi kata kunci keberhasilan strategi bersaing perusahaan asuransi syariah yang sangat lekat dengan tingkat kepercayaan nasabah. Oleh sebab itu, perusahaan asuransi dituntut untuk mampu membangun sistem e-commerce yang menarik dan semakin memudahkan nasabah untuk berinteraksi bisnis dengan perusahaan, sehingga diharapkan dapat terbentuk persepsi positif nasabah terhadap sistem e-commerce perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan persepsi nasabah terhadap sistem e-commerce yang digunakan oleh BNI Life Syariah Kantor Cabang Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan jasa layanan melalui fasilitas e-commerce pada BNI Life Syariah. Subyek penelitian ini adalah sistem adalah sistem e-commerce yang digunakan pada BNI Life Syariah dalam melayani nasabahnya. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primaer yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument angket tertutup. Pengambilan sampel menggunakan Non Probabilitas dengan teknik Convenience sampling. Teknis analisis data menggunakan uji deskriptif frekuentif dan uji tabulasi silang dengan bantuan program SPSS 19 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sebagian besar nasabah memiliki persepsi terhadap sistem e-commerce pada BNI Life Syariah yang dapat memberikan pengetahuan tentang produk asuransi syariah masuk ke dalam kategori baik sebanyak 48 orang (96%); (2) sebagian besar nasabah memiliki persepsi terhadap upaya para agen asuransi BNI Life Syariah dalam memperkenalkan kinerja dari sistem e-commerce masuk kedalam ketegori baik sebanyak 49 nasabah (98%); dan (3) sebagian besar nasabah memiliki persepsi terhadap kinerja dari BNI Life Syariah dalam menggunakan sistem e-commerce sebagai media komunikasi pemasaran masuk dalam kategori baik sebanyak 49 nasabah (98%).
Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar nasabah memliki persepsi terhadap sistem e-commerce pada BNI Life Syariah yang masuk dalam kategori baik.

Kata Kunci : Persepsi, E-commerce, dan Asuransi Syariah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI E-COMMERCE - ASURANSI SYARIAH
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 09:17
Last Modified: 20 Jun 2022 09:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item
View Item