ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL

MEYGA NURVITA SARI (2014) ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (128kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.doc

Download (31kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI, mengetahui faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter, mengetahui faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau (Field Research) yang bersifat kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul, Wakaur Kurikulum, Guru mata pelajaran PAI yang berjumlah lima orang. Subyek penelitian selanjutnya yaitu guru Bimbingan Konseling yang berjumlah dua orang, dan peserta didik kelas X yang terdiri dari enam jurusan, yaitu tiga program keahlian yang terdiri dari tekhnik otomotif, tata busana, tekhnik komputer dan informatika dan tiga kompetensi keahlian yang terdiri dari tekhnik kendaraan ringan, busana butik, serta tekhnik komputer dan jaringan. Subyek selanjutnya yaitu orang tua peserta didik SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul diterapkan melalui tiga tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.
Dari hasil penelitian ini mengetahui faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul, diantaranya SDM (Sumber Daya Manusia) yang cukup, sarana dan prasarana yang memadai, iklim kerja yang mendukung serta lingkungan sekolah yang mendukung dalam penerapan pendidikan karakter.
Penelitian ini juga mengetahui faktor yang menghambat penerapan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menghambat penerapan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul disebabkan karena waktu dan kapasitas peserta didik itu sendiri, latar belakang keluarga yang berbeda, serta kurang banyaknya program ekstrakurikuler yang ada di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul.
Kata kunci: penerapan, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN - PENDIDIKAN KARAKTER
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 09:36
Last Modified: 18 Feb 2022 09:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item
View Item