PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH IBADAH SHALAT KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN

NUAIM AKHMAD KHOLIL (2014) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH IBADAH SHALAT KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Nuaim Akhmad Kholil. Penerapan Model drill untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Ibadah Shalat Kelas VII di MTS Muhammadiyah Kasihan : Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2014.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu : tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam tindakan ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Muhammadiyah Kasihan sebanyak 40 siswa. Alasannya karena pada siswa kelas VII mengalami masalah pada hasil belajar mata pelajaran Fiqih yaitu banyaknya siswa yang kurang memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh madrasah. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter yang berupa hasil mata pelajaran fiqih ibadah sholat serta hasil belajar materi sebelum tindakan atau pra siklus. Sedangkan wawancara untuk mengetahui keadaan permasalahan sebelum tindakan, dan teknik observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran. Data penelitian yang terkumpul terutama hasil belajar siswa pada ibadah sholat. Indikator kinerja dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai 70 sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh madrasah. Secara klasikal jika siswa mencapai nilai 70 sebanyak 85% dari seluruh siswa yang hadir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Nilai siswa sebelum tindakan rata-rata kelas 59 dengan prosentase hanya 30%. Meningkat pada tindakan siklus 1 rata-rata kelas menjadi 71,5 dengan prosentase ketuntasan 66,6% dari seluruh siswa yang hadir. Pada siklus berikutnya yakni siklus 2 rata-rata kelas menjadi 80,1. Dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 93.3% Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode drill pada ibadah sholat mata pelajaran fiqih dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil peneliti ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi tenaga pengajar khusunya pengampu mata pelajaran fiqih untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang aktif, inovatif, krestif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI - IBADAH SHALAT - PRESTASI BELAJAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:37
Last Modified: 20 Jun 2022 08:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15405

Actions (login required)

View Item
View Item