PERAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK .

IQBAL ABDUL JABBAR (2014) PERAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK . S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (56kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (349kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Sejarah mencatat, bahwa pesantren memiliki peranan yang sangat besar dalam ikut memajukan pendidikan di indonesia selama ini. Kelebihan pesantren terletak pada keberadaannya yang multifungsional yaitu sebagai; lembaga pendidikan, dakwah, dan pembentuk karakter disiplin. Agar pesantren tidak kalah majunya dengan lembaga pendidikan lain, maka salah satu usaha yang dilakukan pesantren adalah dengan mengembangkan pendidikan formalnya dan pendidikan ekstranya. Hal ini pula yang dilakukan pesantren Salafiyah Ula Islamic Centre bin Baz Yogyakarta.
Berawal dari pondok pesantren Salafiyah Ula SD Islamic Centre bin Baz sebagai salah satu pesantren yang di dalamnya terdapat pendidikan yang ingin membentuk karakter disiplin anak, maka dalam skripsi ini penulis tertarikuntuk mengadakan penelitianlebih lanjut terhadap keberadaan pondok pesantren Islamic Centre bin Baz dengan rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana upaya Pondok pesantren Salafiah Ula SD Islamic Centre bin Baz yogyakarta dalam membentuk karakter disiplin anak?, 2). Bagaimana hasil yang telah diupayakan pondok pesantren Salafiah Ula SDIslamic Centre bin Baz dalam membentuk karakter disiplin anak?, 3). Apa kendala Pondok pesantren pesantren Salafiah Ula SD Islamic Centre bin Baz dalam membentuk karakter disiplin anak?. Berdasarkan rumusan yang ada, tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui upaya pesantren salafiyah ula dalam membentuk karakter disiplin anak, untuk mengetahui bentuk-bentuk karakter disiplin anak, dan untuk mengetahui kendala dalam membentuk karakter disiplin pada diri seorang anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan pesantren Salafiyah Ula Islamic Centre bin Baz telah mampu berperan dalam membentuk karakter disiplinanak. Bentuk upaya yang diberikan adalah dengan pendidikan partisipatif baik dalam pendidikan formal maupun non formal.

Kata kunci: pendidikan, pesantren, karakter, disiplin

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PESANTREN - KARAKTER - MOTIVASI - DISIPLIN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:20
Last Modified: 28 Dec 2021 06:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15406

Actions (login required)

View Item
View Item