DIAN RATNASARI (2014) PENERAPAM ETIKA BISNIS ISLAM DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
*115 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang etika bisnis Islam oleh staf karyawan BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) kantor pusat Rejowinangun dan untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam di BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) kantor pusat Rejowinangun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara di sini yaitu ditujukan kepada seluruh bagian yang terdapat di BMT BIF Rejowinangun dan nasabah pengguna produk dan jasa BMT BIF Rejowinangun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mengenai etika berbisnis Islam oleh karyawan BMT BIF secara keseluruhan sudah memberikan gambaran bahwasanya staf karyawan memahami betul tentang etika berbisnis secara Islam, sedangkan hasil penerapan etika bisnis di BMT BIF sendiri menggambarkan bahwa BMT BIF dalam menerapkan etika berbisnis secara Islam yaitu dengan cara mengajak karyawannya agar mematuhi kode etik BMT BIF yang bersifat kerohanian Islami serta menerapkan budaya kerja Islami yaitu ADIL: Allah, Dinamis, Ilmiyah, dan Loyalitas.
Kata kunci : Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *115 ETIKA BISNIS ISLAM |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 06:20 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 06:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15413 |