PERSEPSI SISWA SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.

SRI LESTARI LINAWATI (2014) PERSEPSI SISWA SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS Yogyakarta) terhadap bahasa
Arab, ditinjau dari 2 segi, yaitu tingkat kemudahan dalam mempelajarinya dan
fungsi utamanya. Kedua, apakah faktor-faktor latar belakang pendidikan, latar
belakang keluarga dan metode pembelajaran yang dapat menjelaskan persepsi
siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab tersebut.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 (kelas akhir) SMP
Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan mixed
methods (metode campuran). Strategi yang digunakan adalah strategi triangulasi
konkuren, yaitu mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara konkuren
(dalam satu waktu), kemudian membandingkan dua database ini untuk
mengetahui apakah ada konvergensi, perbedaan-perbedaan, atau beberapa
kombinasi. Dalam strategi ini, mixing terjadi ketika peneliti sampai pada tahap
interpretasi dan pembahasan. Penelitian ini merupakan evaluasi, sehingga dapat
diketahui indicator keberhasilan pembelajaran bahasa Arab.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa SMP
Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta terhadap tingkat kemudahan
bahasa Arab, sebagian besar (65,62%) menyatakan “mudah, tapi rumit”.
Pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan sejak dini, pola hubungan keluarga
yang sehat, dan metode pembelajaran yang mengutamakan kepentingan anak
merupakan faktor-faktor yang dapat menumbuhkan terjadinya persepsi positif
siswa terhadap bahasa Arab. Adapun persepsi siswa SMP MBS Yogyakarta
terhadap fungsi utama bahasa Arab, prosentase terbesar siswa (30,2 %)
menyatakan bahwa bahasa Arab sebagai alat komunikasi internasional.
Kata kunci : persepsi terhadap bahasa arab, persepsi terhadap pembelajaran
bahasa arab

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI TERHADAP BAHASA ARAB - PERSEPSI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:43
Last Modified: 21 Jun 2022 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item
View Item