HUBUNGAN ANTARA PARITAS DENGAN KEJADIAN RUPTUR PERINEUP PADA PERSALINAN NORMAL DI KLINIK UTAMA ASRI MEDICAL CENTER YOGYAKARTA DAN RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

APRIANI SUSMITA SARI (2014) HUBUNGAN ANTARA PARITAS DENGAN KEJADIAN RUPTUR PERINEUP PADA PERSALINAN NORMAL DI KLINIK UTAMA ASRI MEDICAL CENTER YOGYAKARTA DAN RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (437kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

*420 Ruptur perineum adalah robeknya perineum pada saat janin lahir. Robekan ini sifatnya traumatik karena perineum tidak kuat menahan regangan pada saat janin lewat. Paritas merupakan faktor dari ibu yang dapat menyebabkan ruptur perineum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara paritas dengan kejadian ruptur perineum pada persalinan normal di Klinik Utama Asri Medical Center Yogyakarta dan RSUD Panembahan Senopati Bantul.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah ibu bersalin normal terhitung dari bulan Februari – Maret 2014 yang tercatat di rekam medik sebanyak 152 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah uji Fisher test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara paritas dengan kejadian ruptur perineum pada persalinan normal (p = 0.002).
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara paritas dengan kejadian ruptur perineum pada persalinan normal di Klinik Utama Asri Medical Center Yogyakarta dan RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Kata Kunci:Paritas, Kejadian Ruptur Perineum

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *420 PARITAS - KEJADIAN RUPTUR PERINEUM
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:20
Last Modified: 20 Jun 2022 08:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item
View Item