PENGARUH BLOG EDUKATIF TENTANG DIABETES MELITUS (DM) TERHADAP PERILAKU DIET DM DAN KADAR GULA DARAH PASIEN DM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIROBRAJAN

MAYA (2014) PENGARUH BLOG EDUKATIF TENTANG DIABETES MELITUS (DM) TERHADAP PERILAKU DIET DM DAN KADAR GULA DARAH PASIEN DM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIROBRAJAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (189kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

*416 Latar belakang:Diabetes Melitus (DM) merupakan penyebab yang penting dari angka kesakitan, kematian, dan kecacatan di seluruh dunia yang membutuhkan perawatan jangka panjang. Apabila pasien DM tidak mengontrol dan menangani penyakitnya dengan baik, maka dapat mengakibatkan berbagai komplikasi seperti hiperglikemi, ketoasidosis diabetik, komplikasi kaki diabetik, retinopati diabetik, dan disfungsi ereksi. Salah satu pilar untuk penanganan DM yaitu edukasi yang dapat diberikan dengan pendidikan kesehatan yang diharapkan dapat merubah pola perilaku pasien DM lebih positif untuk mencegah terjadinya komplikasi. Penkes dapat diberikan melalui media seperti gadget dengan mengakses internet yang saat ini sangat berkembang seperti blog.
Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh blog edukatif tentang DM terhadap perilaku diet dan kadar glukosa darah pasien DM tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan.
Metode penelitian: Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment, dengan rancangan two group pretest - postest with control group design. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 48 orang. Pengumpulan data dengan memberikan kuesioner perilaku diet DM dan tes glukosa darah responden, sedangkan metode analisa data menggunakan Paired t-test, Independent t-test, Wilcoxon Signed Rank test dan Mann-Whitney U.
Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat signifikan berbeda antara kelompok intervensi dan kontrol setelah diberikan blog edukatif tentang DM terhadap perilaku diet dengan p value 0,72 (>0,05) dan gula darah puasa dengan p value 0,63 (p>0,05)
Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah blog edukaif tentang DM tidak berpengaruh terhadap perilaku diet DM dan kadar glukosa darah pasien DM tipe 2 di Puskesmas Wirobrajan. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengontrol faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku diet dan kadar glukosa darah, agar terdapat pengaruh yang signifikan dari blog edukatif tentang DM.
KataKunci: Diabetes Melitus, Blog edukatif .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *416 DIABETES MELITUS - BLOG EDUKATIF
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:01
Last Modified: 20 Jun 2022 08:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item
View Item