HUBUNGAN KINERJA KADER KESEHATAN JIWA DENGAN KEMAMPUAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN GANGGUAN JIWA DI DESA SRIHARJO DAMPINGAN PUSKESMAS IMOGIRI II BANTUL

IWAN HADI KUSUMA (2014) HUBUNGAN KINERJA KADER KESEHATAN JIWA DENGAN KEMAMPUAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN GANGGUAN JIWA DI DESA SRIHARJO DAMPINGAN PUSKESMAS IMOGIRI II BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (133kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)

Abstract

*415 Desa Siaga Sehat Jiwa merupakan bentuk rancangan yang melibatkan peran serta dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri. Salah satu upaya dalam mewujudkan visi tersebut yaitu dengan membentuk kader kesehatan jiwa di setiap desa. Pemberdayaan anggota keluarga oleh kader kesehatan jiwa diharapkan keluarga dapat mengenal ciri-ciri orang dengan gangguan jiwa, serta tahu bagaimana cara merawat seseorang yang mengalami gangguan jiwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja kader kesehatan jiwa dengan kemampuan keluarga dalam merawat pasien gangguan jiwa di Desa Sriharjo dampingan Puskesmas Imogiri II.
Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan rancangan survey cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 kader kesehatan jiwa dan 44 keluarga pasien gangguan jiwa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan signifikansi (p=0,548>0,05). Kinerja kader kesehatan jiwa menunjukkan baik yaitu 37 responden 94,9%. Kemampuan keluarga dalam merawat pasien gangguan jiwa menunjukkan mampu yaitu 36 responden 81,8%.
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara kinerja kader kesehatan jiwa dengan kemampuan keluarga dalam merawat pasien ganguan jiwa di Desa Sriharjo dampingan Puskesmas Imogiri II. Saran untuk penelitian selanjutnya supaya lebih memperhatikan kinerja dari kader kesehatan jiwa dengan monitoring secara berkala.
Kata Kunci: Desa Siaga Sehat Jiwa, kinerja kader, kemampuan keluarga, perawatan pasien gangguan jiwa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *415 DESA SIAGA SEHAT JIWA - KINERJA KADER - KEMAMPUAN KELUARGA - PERAWATAN PASIEN GANNGUAN JIWA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:01
Last Modified: 20 Jun 2022 08:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15433

Actions (login required)

View Item
View Item