PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BLOG EDUKATIF TENTANG HIPERTENSI DAN TELEPON TERHADAP PERILAKU DIET HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIROBRAJAN YOGYAKARTA.

TEGUH SANTOSO (2014) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BLOG EDUKATIF TENTANG HIPERTENSI DAN TELEPON TERHADAP PERILAKU DIET HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIROBRAJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang masih menjadi masalah besar di seluruh dunia karena prevalensinya yang masih tinggi dan terus meningkat. Kasus hipertensi yang terus meningkat disebabkan perilaku yang tidak sehat. Pendidikan kesehatan dengan memanfaatkan blog edukatif tentang hipertensi dan telepon diharapkan dapat meningkatkan perilaku diet pada penderita hipertensi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi blog edukatif tentang hipertensi dan telepon terhadap perilaku diet hipertensi pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta.
Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan one group pre-post test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden sebagai kelompok eksperimen dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yang berada di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta. Analisa data menggunakan paired samples t test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada perilaku diet hipertensi setelah memanfaatkan teknologi informasi blog edukatif tentang hipertensi dan telepon (t = -6,185, p = 0,00). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi informasi blog edukatif tentang hipertensi dan telepon terhadap perilaku diet hipertensi pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Blog Edukatif Tentang Hipertensi, Telepon, Hipertensi, Diet Hipertensi, Perilaku.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *413 PENDIDIKAN KESEHATAN - BLOG EDUKATIF TENTANG HIPERTENSI - TELAPON - HIPERTENSI - DIET HIPERTENSI - PERILAKU
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:08
Last Modified: 14 Jun 2022 07:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item
View Item