Muhammad Fajar Karuniawan (2020) PENGEMBANGAN KONTEN SCORM PADA POWERPOINT DAN ISPRING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
SCORM adalah Sharable Content Object Reference Model merupakan standarisasi pendistribusian konten e-learning yang dikeluarkan oleh ADL (Advanced Distributed Learning) yang memungkinkan pertukaran objek pembelajaran antara LMS (Learning Management System) yang satu dengan yang lainnya, sehingga konten pembelajaran tersebut dapat digunakan terus menerus dengan memperbaharui isi tanpa membuat dari awal lagi. Pembelajaran berbasis mobile ini membutuhkan bantuan programmer dalam pembuatannya dan pengajar sebagai penyedia konten atau materi yang akan dijadikan m-learning, akan tetapi programmer terkendala dengan bahan yang diberikan pengajar, pengajar hanya memberikan buku bukan materi yang siap dijadikan sebagai konten atau bahannya. Tujuan dari peneliatian ini adalah maka membuat standar dalam penyimpanan tentang konten atau bahan yang dijadikan SCORM agar dalam prosesnya programmer tidak bingung dan cepat dalam proses pembuatan kontennya. Metode pengembangan yang dipakai adalah kuantitatif ekperimen dengan cara wawancara secara kuantitatif, tujuan penelitian yang didapat adalah mengetahui standar pada bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan SCORM yang akan dipergunakan dalam mobile learning. Standar ini dapat menjadi acuan untuk membuat SCORM.
Dosen Pembimbing: | Dr. Ir. DWIJOKO PURBOHADI, S.T., M.T. and RONALD ADRIAN, S.T., | NIDN0502026801, UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:30 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |