PENGARUH DISMENORIA TERHDAP PROSES BELAJAR, MENDENGAN DAN MENGINGAT PADA MAHASISWAI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

YEYEN GUSTINA IRAWAN (2014) PENGARUH DISMENORIA TERHDAP PROSES BELAJAR, MENDENGAN DAN MENGINGAT PADA MAHASISWAI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Prevalensi dismenorea primer di Indonesia cukup tinggi yaitu 60-70% dan 15% diantaranya mengalami nyeri yang hebat. Pada umumnya terjadi pada usia remaja dan dewasa. Keadaan tersebut menyebabkan menurunnya kualitas hidup wanita tidak dapat melakukan kegiatan olahraga atau berkonsentrasi dalam belajar karena nyeri yang mereka rasakan begitu hebat, penurunan kualitas hidup juga dapat dirasakan oleh wanita yang sudah bekerja karena nyeri haid yang hebat, aktivitas mereka jadi terganggu sehingga mereka tidak dapat melakukan tugas mereka dengan maksimal.
Penelitian ini bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat dan pekerjaan profesi kesehatan pada umumnya Jenis penelitian ini adalah analitik cross sectional pendekatan retrospektif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswi prodi pendidikan dokter fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas muhammadiyah yogyakarta. Instrumen penelitin ini menggunakan informed consent, kuisioner, skala pengukuran derajat nyeri (VAS) serta alat tulis.
Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan test korelasi dan didapatkan mayoritas sampel yang mengalami proses belajar, mendengar dan mengingat terganggu sebanyak 61,7% mahasiswi yang terdiri dari derajat nyeri berat 36,4% mahasiswi, nyeri sedang 21,5% mahasiswi, dan nyeri ringan 0,9% mahasiswi. Sedangkan yang tidak merasa terganggu dalam proses belajar, mengingat dan mendengar sebanyak 38,3% mahasiswi terdiri dari tidak ada mahasiswi atau 0,0% pada nyeri berat, 1,9% mahasiswi pada nyeri sedang, 16,8% mahasiswi pada nyeri ringan dan 19,6% mahasiswi pada yang tidak mengalami nyeri. Didapatkan hasil perhitungan yaitu p value dismenorea terhadap proses belajar, mendengar dan mengingat 0,00. Dan variabel yang paling dipengaruhi oleh dismenorea adalah proses belajar dengan nilai signifikasi paling kecil yaitu 0,030.
Penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang bermakna antara dismenorea dengan proses belajar,mendengar dan mengingat dan dapat memposisikan diri dalam menanggulangi dismenorea.
Kata kunci : Dismenorea, Proses Belajar, Mendengar, mengingat

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DISMENORIA - PROSES BELAJAR - MENDENGAR - MENGINGAT
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:24
Last Modified: 14 Jun 2022 07:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

View Item
View Item