MESTAFARID (2014) STUDI HADI'TS TENTANG METODE PENDIDIKAN RASULULLAH SAW TERHADAP SAHABAT DALAM KITAB FATH AL BARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (68kB)
Abstract.pdf
Download (193kB)
Bab I.pdf
Download (268kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Studi Ḥadis Tentang Metode Pendidikan Rasūlullāh Saw Terhadap Sahabat dalam Kitab Fatḥ al Bārī”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode yang dilakukan oleh Nabi ketika mengajar para sahabat yang terdapat dalam kitab Fatḥ al Bārī dan untuk mengetahui relevansi pendidikan Rasūlullāh pada zaman dahulu dengan pendidikan zaman sekarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil kitab Fatḥ al Bārī sebagai sumber kajian pokok. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode dokumentasi yaitu mencari data-data berupa hadits yang mengandung metode pendidikan Rasūlullāh saw. Dan menggunakan pendekatan deskriptif - analitik, yaitu metode pembahasan dengan cara memaparkan masalah dengan analisa atau analisa isi dengan memberikan penjelasan terhadap suatu data. Sumber data primer adalah kitab Fatḥ al Bārī dan data sekunder adalah kitab dan buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi yang diteliti, serta metode anlisis datanya adalah dengan mencari penjelasan ulama dan Mengkomparasikan metode-metode tersebut dengan metode lain untuk melihat bagaimana relevansinya dengan pendidikan zaman sekarang ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab Fatḥ al Bārī, peneliti menemukan 25 metode pendidikan yang biasa digunakan oleh Rasūlullāh terhadap sahabat yaitu :
Keteladanan dan Akhlak Mulia, Ceramah, Bertahap, Memperhatikan situasi dan kondisi peserta didik, Selektif, sesuai dengan kemampuan peserta didik, Memberikan hadiah, Tegas, Meyakinkan dengan sumpah, Menceritakan kisah masa lalu, Menjelaskan dengan global kemudian merinci, Pemberian motivasi, Hukuman, Pujian, Menggiring perhatian penanya pada hal lain di luar pertanyaan, Memberikan nasehat, Memegangi tangan atau bahu orang yang diajak bicara demi membangkitkan perhatiannya, Asistensi, Interaktif atau Tanya-jawab, Pertanyaan (berfikir logis), Perumpamaan atau membuat analogi, Isyarat atau bahasa tubuh, Menjawab sesuai apa yang ditanyakan, Memilih kesempatan yang tepat, Mengkhususkan waktu, Pengulangan dan Latihan. Dari semua metode yang pernah diterapkan oleh Rasūlullāh, masih sangat relevan untuk diterapkan pada pendidikan zaman sekarang.
Key-word : studi ḥadis, metode pendidikan, Fatḥ al Bārī
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STUDI HADIS - METODE PENDIDIKAN - FATH AL BARI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:25 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15454 |