SITI NURHAYATI (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN JUZZ 'AMMA DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.docx
Download (109kB)
Bab I.docx
Download (66kB)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Abstract
Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an Juzz 'Amma di SD Muhammadiyah Bogor Gunungkidul
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui implementasi program tahfidz Al-Qur’an juz ‘amma di SD Muhammadiyah Bogor Playen Gunungkidul (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program tahfidz Al-Qur’an juz ‘amma di SD Muhammdiyah Bogor Playen Gunungkidul.
Adapun yang menjadi sumber utama penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bogor, (2) Guru Al-Islam dan guru pendamping tahfidz SD Muhammadiyah Bogor (3) Siswa SD Muhammadiyah Bogor Playen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Program tahfidz Al-Qur’an juz ‘amma di SD Muhammadiyah Bogor merupakan program khas yang diterapkan mulai dari kelas I sampai kelas VI dengan target hafalan surat yang sudah ditentukan. Program tahfidz ini bukan termasuk dalam kurikulum namun dikembangkan secara mandiri dan meupakan program khas yang membedakan dengan sekolah lainnya. Waktu yang dialokasikan pada pelaksanaan program ini cukup efektif yaitu selama 3 jam pelajaran setiap minggunya dengan materi juz 30 yaitu dimulai dari surat An-Naas sampai surat An-Naba’. Terdapat empat metode yang digunakanboleh siswa dalam menghafal yaitu metode bi nadzar, wahdah, muraja’ah dan tasmi’. Untuk evaluasinya dilaksanakan dua tahap yaitu pada setiap akhir hafalan dan setiap semester yang dibukukan dalam buku penghubung orang tua dan raport siswa. (2) Faktor yang mendukung program tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Bogor adalah faktor usia siswa yang cukup baik untuk menghafal, tingkat keceradasan yang baik, minat dan motivasi siswa yang tinggi, perhatian guru, dan tersedianya fasilitas serta sarana yang memadai, sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah pengaturan waktu yang kurang baik, kurangnya dukungan dari orang tua, tingginya kemalasan siswa untuk menghafal Al-Qur’an, dan lingkungan yang kurang kondusif.
Kata kunci : Tahfidz Al-Qur’an; Juz ‘Amma; Program; SD Muhammadiyah Bogor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TAHFIDZ AL-QURAN JUZ 'AMMA |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 08:57 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 08:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15490 |