PERBEDAAN TINGKAT KERUSAKAN GIGI MOLAR SATU PERMANEN PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN (KAJIAN PADA SD MUHAMMADIYAH ARGOSARI DAN SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA)

DAMALIA NUR ASHARY (2014) PERBEDAAN TINGKAT KERUSAKAN GIGI MOLAR SATU PERMANEN PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN (KAJIAN PADA SD MUHAMMADIYAH ARGOSARI DAN SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Karies gigi merupakan suatu proses demineralisasi yang progresif pada jaringan keras permukaan mahkota dan akar gigi. Gigi molar satu permanen merupakan gigi yang sering terserang karies karena gigi tersebut pertama kali erupsi. Gigi tersebut penting karena merupakan kunci oklusi. Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan kerusakan gigi, salah satunya faktor tempat tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kerusakan gigi molar satu permanen pada anak usia 8-10 tahun di pedesaan dan di perkotaan.
Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 60 anak di pedesaan dan 60 anak di perkotaan yang kemudian dilakukan pemeriksaan klinis dan dilakukan pengukuran indeks kerusakan gigi menggunakan indeks ICDAS (International Caries Dental Assessment System) terhadap gigi molar satu permanennya.
Hasil pemeriksaan didapatkan hasilbahwa terdapat perbedaan tingkat kerusakan gigi molar satu permanen, yaitu 88.33% anak di pedesaan terserang karies sedangkan 95% anak di perkotaan terserang karies, meskipun perbedaan yang didapatkan tidak signifikan (p=0.985).
Kata Kunci: kerusakan gigi, karies gigi, gigi molar satu permanen, pedesaan, perkotaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERBEDAAN TINGKAT KERUSAKAN GIGI PERMANEN PADA ANAK USIA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:19
Last Modified: 18 Feb 2022 08:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15502

Actions (login required)

View Item
View Item